Coding Bahasa C/C++ Menggunakan Code::Blocks

Saya mulai belajar bahasa C/C++ pada masa kuliahan dulu. Kami diajarkan bahasa C/C++ menggunakan Turbo C++ versi 4.5 dari Borland International. Kini perusahaan tersebut sudah tidak ada lagi dan menurut kabar sudah ganti nama jadi Inprise, Codegear lalu entah apa lagi. Hingga kini bahasa C/C++ ini masih saya pelajari dan dibutuhkan untuk mengajar mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Jurusan Multimedia. Ada satu kekurangan dari Turbo C++ versi 4.5 yaitu tidak mendukung sistem operasi tipe 64-bit sehingga tidak bisa di-instal di laptop saya yang sekarang sudah migrasi ke sistem operasi 64-bit. Nyari-nyari di google sehingga saya menemukan alternatifnya yaitu menggunakan Code::Blocks.

Code::Blocks ini merupakan IDE yang dapat digunakan untuk coding bahasa C, C++ dan Fotran. Keunggulannya adalah open source dan dapat berjalan di platform yang berbeda baik itu Windows, Linux dan Mac OS. IDE ini juga dapat di-download gratis di situs resminya www.codeblocks.org atau bisa langsung disini

Tampilan IDE Code::Blocks

Cara membuat program C/C++ sederhana dengan Code::Blocks
1. Klik menu File -> New -> File.. , sehingga tampilannya seperti ini



2. Pilih C/C++ source, kemudian klik tombol Go. Lalu klik Next pada tampilan berikutnya. Sehingga...


3. Pada tampilan diatas, anda bisa memilih bahasa apa yang ingin dibuat C atau C++. Sebagai contoh disini kita pilih C. Lanjut Next > ....


4. Pada kotak dibawah Filename with full path: anda bisa isikan alamat direktori tempat penyimpanan file bahasa C tersebut atau klik tombol disampingnya untuk mengarahkan ke direktori yang dituju. Kemudian klik Finish. Sehingga kita dapat mengetikkan beberapa baris kode dalam file tersebut.

5. Sekarang, coba ketikan kode seperti berikut ini untuk membuat program sederhana yang menampilkan tulisan Hello World :

#include <stdio.h>
void main()
{
    printf("Hello World \n");
}

Tampilan Kode Bahasa C pada Code::Blocks

6. Simpan file tersebut dengan menekan tombol Ctrl + S, kemudian lakukan proses compile untuk menjalankannya dengan cara klik menu Build -> Build and run atau tekan tombol F9. Sehingga muncul tulisan Hello World seperti pada tampilan berikut :


7. Akhirnya, selamat program sederhana dengan bahasa C berhasil dibuat.

Sekian, tutorial coding bahasa C/C++ menggunakan Code::Blocks. Nantikan tutorial bahasa C/C++ lanjutan di blog www.ifannuddin.com ini. Terima kasih.

Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
Unknown
admin
Tuesday, April 28, 2015 2:43:00 PM ×

infonya sangat bermanfaat dan menambah wawasan

http://goo.gl/cWkbiX

Reply
avatar
Unknown
admin
Thursday, June 02, 2016 12:19:00 PM ×

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

Reply
avatar
Monday, May 22, 2017 1:49:00 PM ×

Ijin share

http://heriadyblog.blogspot.co.id/2017/05/belajar-pemrograman-game-2d-untuk-pemula.html

Reply
avatar
Unknown
admin
Tuesday, December 12, 2017 8:51:00 AM ×

Jika ingin melihat hasilnya, apa harus membuka aplikasi seperti itu ?

Reply
avatar
Anonymous
admin
Wednesday, February 07, 2018 4:18:00 PM ×

koq susah bangat ya saya belajar codeblock dengan bahasa pemrograman C

Reply
avatar
Nur_tilla
admin
Wednesday, November 14, 2018 2:27:00 PM ×

ingin mahir dalam bhs pemograman codeblock c++ bagaimana caranya?

Reply
avatar
Thanks for your comment