Mematikan / Menunda Alarm Meter Listrik Prabayar

Bagi pengguna meter listrik prabayar, pasti akan mendengar bunyi alarm tit..tit..tittt pada meternya. Itu menandakan bahwa kredit sudah mencapai batas rendah dan diharuskan untuk mengisi token supaya listrik tetap terus menyala. Awalnya, saya teringat pesan oleh teknisi PLN yang memasang meter listrik prabayar di rumah saya bahwa meter listrik akan membunyikan alarm ketika kredit tokennya mau habis dan tekan sembarang tombol untuk mematikan alarmnya. Iya benar, peringatan tersebut dapat dilihat juga pada meter listrik yang tertulis pada poin ke-7 yaitu "untuk menghentikan alarm tekan sembarang tombol". Ketika listrik di rumah saya mulai terpakai,  LCD Display pada meter listrik menunjukan jumlah token yang terus berkurang dan pada suatu malam alarm itu berbunyi. Alarm tersebut berbunyi terus-menerus sehingga saya ingin mematikan bunyinya. Saya berencana membeli token esok hari dan untuk sementara saya lakukan sesuai perintah yaitu menekan sembarang tombol untuk mematikan alarm. Iya alarmnya mati, tapi itu tidak lama 1 menit kemudian alarmnya bunyi lagi. Saya tekan tombolnya lagi, alarmnya mati dan hidup lagi begitu seterusnya berulang-ulang. Ternyata alarmnya tidak benar-benar mati ketika ditekan sembarang tombol. Arghhh...bagaimana ini caranya, bunyi alarm itu benar-benar mengganggu, kemungkinan tetangga sebelah juga ikut terusik karena mendengarnya :( . Saya teringat ada brosur petunjuk meter listrik ini, pernah lihat sekilas kemungkinan ada cara lainnya dalam brosur itu. Dan saya lupa taruknya dimana...rghhh. *alarm terus berbunyi*. Untung ada cara lain yaitu googling...hehe. Searching dimulai dan yaps saya temukan jawabannya :) . Akhirnya alarm dapat dimatikan dengan batas waktu yang saya tentukan atau dengan kata lain menunda alarm itu berbunyi lagi.

Menurut referensi yang saya dapatkan, ada kode yang harus ditekan untuk melakukan perintah pada meter listrik prabayar dan setiap merek berbeda kodenya. Ada beberapa merek meter listrik prabayar seperti Melcoinda, ITRON, Conlog, Glomet, Star dan Hexing. Saya menggunakan merek Melcoinda di rumah. Kodenya sama seperti merek ITRON. Untuk merek Melcoinda kita hanya bisa menunda alarm berbunyi lagi. Caranya adalah :
  • Tekan 123xxx lalu tekan "ENTER". (xxx = waktu dalam menit)
  • Contohnya, saya mengatur waktu tunda selama 6 jam jadi tekan 123360 lalu tekan "ENTER".
  • Untuk mengecek waktu tunda alarm (dalam menit) tekan 78 lalu tekan "ENTER".
Dibawah ini adalah kode singkat untuk meter listrik prabayar merk Melcoinda yang terdapat pada brosur petunjuk yang sudah saya temukan : 

Kode
Keterangan
07
Batas daya (Display Power limit) kW
37
Sisa kredit (kWh)
38
Energi komulatif (kWh)
41
Tegangan (V)
44
Arus (A)
47
Daya sesaat (W)
54
Token kredit diterima
59
Kredit kWh yang lalu
75
Nomor ID Meter
78
Cek Delay Alarm dalam menit
79
Batas rendah kredit alarm

Untuk kode pada merk lainnya seperti ITRON, Conlog, Glomet, Star dan Hexing dapat dilihat di situs plnprabayar.com. Demikianlah pengalaman dari saya, semoga cara diatas bermanfaat, alarm listriknya tidak menganggu anda dan segeralah isi ulang token listriknya. :D


Sumber foto : P.T. Melcoinda

Previous
Next Post »

25 comments

Click here for comments
Arie Prastyo
admin
Sunday, June 01, 2014 6:49:00 PM ×

thanks ya gan, akhirnya tau juga deh cara memperlama bunyi alarm nya. :-D

Reply
avatar
Unknown
admin
Thursday, June 19, 2014 8:26:00 PM ×

Itu berlaku untuk smw merek kwh apa cman kwh tertentu gan..

Reply
avatar
Ifan OK
admin
Friday, June 20, 2014 6:34:00 PM ×

Berbeda merek berbeda caranya gan, ada juga yang sama. Coba cek disini gan dengan merek yang berbeda >> http://www.plnprabayar.com/cek-id-meter-mematikan-alarm-dan-lampu-led.html

Reply
avatar
JAVA2000
admin
Saturday, November 15, 2014 10:22:00 PM ×

Thank gan...btw apa bisa di atur waktu silent nya lebih lama karena kebiasaan saya pd mlm hari dah bunyi lalu besok pagi sampai malam baru saya isi sekalian.plg dari gawe.....

Reply
avatar
Ifan OK
admin
Sunday, November 16, 2014 10:53:00 AM ×

Bisa gan, dicoba aja tambahin waktu tundanya. Contoh saya di atas 6 jam artinya 6 x 60 = 360. Kalau misalkan 12 jam tunda artinya 12 x 60 = 720. Jadi tinggal tekan 123720 lalu tekan enter. Kemudian cek perubahan waktu tundanya tekan 78. Semoga berhasil.

Reply
avatar
Unknown
admin
Sunday, February 22, 2015 9:04:00 PM ×

baru tau loh ternyata alarmnya bisa dimatiin. meteran listrik saya beberapa minggu kemaren rusak, terus diganti sama merk hexing, eh alarmnya yg biasanya kalem jadi kenceng banget sampe malu sama tetangga..hahaha
nice info. thankss~

Reply
avatar
Ifan OK
admin
Sunday, February 22, 2015 9:35:00 PM ×

iya ya, sama2 mbak Dian. jadi tidak mengganggu tetangganya lagi ya...hahaha

Reply
avatar
Thursday, March 19, 2015 8:00:00 AM ×

Kalau saya merk smart meter, gimana ya gan.

Reply
avatar
Friday, March 20, 2015 8:51:00 PM ×

Kok udah di masukkn kode itu tapi msh bunyi. Pdhal pulsa.y udah di isi.
Merek meteran sya sma kya mas irfan. Bgaimna solusi.y?

Reply
avatar
Ifan OK
admin
Saturday, March 21, 2015 1:05:00 PM ×

Apakah ada muncul PERIKSA di tampilan display nya mas?, jika iya seperti itu disertai bunyi alarm. Kemungkinan itu terjadi tampering. Segera hubungi PLN terdekat.

Reply
avatar
Ifan OK
admin
Saturday, March 21, 2015 1:07:00 PM ×

maaf tidak tahu saya gan, coba dicek pada brosur panduannya.

Reply
avatar
Saturday, June 20, 2015 3:03:00 PM ×

Ni klo alarm tunda kita setting ke 360, tu berarti alarm bunyi tiap 6 jam saat kilometer menunjukkan batas terendah... gitukah mas?

Reply
avatar
Unknown
admin
Saturday, February 13, 2016 11:14:00 PM ×

Merk melaindo pulsa diisi 50kwh alarm masih bunyi dan lampu daya kedip-kedip terus gimana ya ?

Reply
avatar
Unknown
admin
Sunday, May 08, 2016 5:35:00 PM ×

Pas banget nih infonya, makasih (y)

Reply
avatar
Unknown
admin
Sunday, May 08, 2016 5:35:00 PM ×

Pas banget nih infonya, makasih (y)

Reply
avatar
Unknown
admin
Sunday, May 29, 2016 12:01:00 AM ×

Awalnya tokennya habis, trs 000 alrm nya bunyi, gk berapa lama langsung di masukin nomer token yang br, sukses pulsanya masyk..tp kok listriknya gk nyala, lampu alrm tetap hidup, meteran nya merk sama kayak mas irfan..jd salah nya dimana yahh...

Reply
avatar
Unknown
admin
Monday, October 31, 2016 12:50:00 AM ×

Mksh gan infonya,sangat berguna..maklum anak kontrakan..hehe

Reply
avatar
Unknown
admin
Friday, November 25, 2016 6:28:00 AM ×

Kalau cara membesar atau kecilkan volumenya bagaimana ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
Tuesday, April 24, 2018 10:37:00 AM ×

I enjoy what you guys tend to be up too. This type of clever work and coverage! Keep up the great works guys I've you guys to my personal blogroll. aol.com mail login sign

Reply
avatar
Arman monigi
admin
Thursday, December 20, 2018 6:08:00 AM ×

Klau untuk mematikan delay alarm gimana, mereknya sama?

Reply
avatar
Thanks for your comment