Keindahan Alam Sekitar Benteng Jepang di Anoi Itam


Benteng bekas peninggalan penjajahan Jepang ini kini menjadi bukti sejarah. Di masa lalu benteng ini dijadikan sebagai tempat berlindung bagi pasukan Jepang. Lokasi Benteng Jepang ini berada di kawasan Pantai Anoi Itam, tepatnya di Jalan Ujung Kareung, Kota Sabang, Pulau Weh. Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota Sabang, hanya sekitar 12,3 kilo meter untuk mencapai lokasi Benteng Jepang ini.





Banyak benteng Jepang tersebar di seluruh Pulau Weh ini dan menjadi alasan mengapa pulau ini dikenal sebagai "Kota Seribu Benteng". Benteng-benteng itu semuanya dibangun antara tahun 1942 dan 1945 yang dulunya saling terhubung melalui terowongan-terowongan yang sekarang ditutup karena alasan keamanan. Meski demikian, di Anoi Itam salah satu pantai yang ada di Sabang masih banyak benteng perlindungan dalam kondisi cukup baik. Karena keindahan alam sekitarnya, Benteng Jepang di Anoi Itam ini merupakan salah satu tempat objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.


Ketika akan memasuki benteng ini, kita menemukan meriam tua yang mengarah ke laut. Dan didalamnya kita bisa melihat hamparan laut yang memukau.



Di depan benteng ini terdapat pohon besar yang tumbuh di atas karang yang bererumputan. Kita bisa beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang ini sambil menikmati birunya langit dan hamparan laut yang birunya juga memukau. Semilir angin melengkapi keindahan yang terpancar pada benteng peninggalan Jepang ini.



Referensi : jalan2.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment