Benteng di Kota Sabang yang Terdata oleh PDA Indonesia

Kota Sabang dikenal dengan sebutan "Kota Seribu Benteng", apakah benar jumlah bentengnya sampai seribu?, sepertinya tidak ya, hal itu hanya karena begitu banyaknya benteng-benteng yang terdapat di daerah tersebut maka disebut demikian. Mencari informasi dengan mengunjungi langsung ke beberapa tempat yang terdapat benteng-benteng di Kota Sabang dan mencari informasinya di Internet merupakan pembelajaran bagi saya untuk mengenal lebih dekat Sejarah tentang kampung tempat kelahiran saya di Kota Sabang ini. Setelah saya melakukan searching di google.com tentang benteng di Kota Sabang ini, saya menemukan situs www.bentengindonesia.org. Situs ini dikelola oleh Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) Indonesia yang merupakan sebuah institusi independen, melayani publik dengan informasi yang baik melalui dokumentasi dan penelitian mengenai berbagai isu mengenai arsitektur Indonesia pada umumnya dan bangunan serta kawasan cagar budaya  khususnya. Benteng-benteng yang ditemukan dan diinventarisasi oleh PDA berupa benteng vernakular, benteng kolonial, dan struktur pertahanan yang berada di wilayah pesisir pantai, pedalaman dan perkotaan. Inventarisasi tersebut dilakukan oleh PDA pada tahun 2008-2009 dan berhasil mengidentifikasikan 116 Benteng di Sumatera dan 61 di Jawa. Dalam catatan sejarah ada 459 benteng, 303 di Sumatera dan 159 di Jawa. Namun, yang secara fisik ditemukan hanya 177 benteng. Hampir 300 benteng yang hilang.

Nah, disini saya mengutip data benteng di Kota Sabang yang terdapat pada situs Benteng Indonesia tersebut, dimana ada sebanyak 14 Benteng yang terdata. Benteng-benteng itu semuanya merupakan bekas peninggalan penjajahan Jepang yang dibangun antara tahun 1942 - 1945. Konon benteng-benteng tersebut terhubung melalui terowongan-terowongan yang sekarang ditutup karena alasan keamanan. Padahal pasti sangat seru ya untuk menjelajahinya. :)

Berikut adalah 14 benteng pertahanan di Kota Sabang yang terdata tersebut :

1. ANEUK LAOT JAPANESE CAVE
Japanese Cave (Gua Jepang) ini terletak di Keluruhan/Gampong Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, tepatnya di jalan Tinjau Alam.
Bentuk sistem pertahanan adalah sebuah gua dengan tiga pintu yang saling berhubungan satu sama lain. Dinding benteng terbuat dari batu terplester, dengan lantai tanah. Gua yang dibuat tangan manusia ini berbentuk Letter T. Bentuk sistem pertahanan lainnya adalah 4 gua yang terletak di sisi jalan. Keempat gua ini tidak terhubung satu sama lain seperti gua pertama.

Data lainnya mengenai "ANEUK LAOT JAPANESE CAVE" bisa dilihat disini.

2. ANOI ITAM PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini merupakan benteng pengintai yang terletak di Kelurahan/Gampong Anoi Hitam, Kecamatan Sukajaya. Benteng ini memiliki tiga buah bangunan, dan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pengintaian yang diletakkan di pinggir laut pada sebuah ketinggian. Bangunan pertama ini berdenah persegiempat dengan bagian depan bangunannya berdenah setengah lingkaran. Di dalamnya terdapat tiga ruangan, sebuah ruangan berada di tengah dan ukurannya lebih luas dibandingkan ruangan lainnya. Ruangan tersebut berfungsi sebagai tempat meriam. Pada saat penelitian meriam tersebut terdapat di bawah pintu masuk bangunan tersebut. Kemudian ruangan lain mengapit ruangan utama memiliki ukuran yang lebih kecil serta keletakkannya agak ke bawah dari tanah sekitarnya. Ruangan tersebut kemungkinan berfungsi sebagai gudang amunisi dan makanan. Dua bangunan lainnya terletak masing-masing sekitar 10 m dari bangunan pengintaian. Bangunan itu juga berdenah persegi empat memiliki pintu besi, berfungsi sebagai tempat amunisi. Demikian juga bangunan yang terletak paling belakang berbentuk persegi empat.



Data lainnya mengenai "ANOI ITAM PILLBOX" bisa dilihat disini.

3. COT BA'U BUNKER
Bunker (Benteng) ini terletak di Kelurahan/Gampong Cot Ba'u, Kecamatan Sukajaya.
Sistem pertahanan pada Benteng di Cot Ba'u ini memiliki 7 lantai berbentuk persegi panjang rancangan bangunan. Keempatnya memiliki bentuk serupa yang bersudut banyak (Polygonal) dan dilengkapi dengan 2 ruang. Sementara itu ada sebuah bangunan dengan bentuk yang berbeda, berbentuk empat persegi panjang yang dilengkapi dengan pintu dan jendela, dengan tangga di depan bangunan. Dua bangunan lainnya yang berbentuk persegi tanpa pintu dan jendela.

Data lainnya mengenai "COT BA'U BUNKER" bisa dilihat disini.

4. IE MEULEE BLOCKHOUSE
Blockhouse (Rumah Bongkah) ini terletak di Kelurahan/Gampong Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, tepatnya di jalan KH. Agus Salim depan SMP Negeri 2 Sabang.
Bangunan pertahanan ini berbentuk segi empat, dengan luas 3 m x 2 m, bentuknya seperti menara tapi tidak terlalu tinggi sekitar 5 m. Bangunan berbentuk pejal dengan lubang arah barat-timur.



Data lainnya mengenai "IE MEULEE BLOCKHOUSE" bisa dilihat disini.

5. KERAMAT PANDAN PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di pantai Tapak Gajah, Kecamatan Sukakarya.
Pilboks Keramat Pandan terdiri atas 2 bangunan, bangunan pertama berdenah lingkaran yang dilengkapi pintu dan jendela. Bangunan kedua berdenah segi 8, di dalamnya terdapat lubang untuk meletakkan meriam.


Data lainnya mengenai "KERAMAT PANDAN PILLBOX" bisa dilihat disini.

6. LHONG ANGEN DEFENSE SYSTEM
Sistem pertahanan ini terletak di Lhong Angen, Kecamatan Sukakarya. Sistem pertahanan terdiri atas 6 bangunan, antara bangunan satu dengan lain letaknya terpisah. 4 bangunan berada di atas bukit dan dihubungkan dengan parit, sedangkan 2 bangunan lainnya berada di tepi pantai. Luas pilboks antara 4 sampai 8 meter persegi. Bangunan 1 berupa pilboks, kondisinya telah hancur. Bangunan 2, 3 dan 4 berupa bungker dengan ukuran 2 m x 2 m. Bangunan ke-5 dan 6 berupa pilboks yang saat ini kondisinya hampir hancur.



Data lainnya mengenai "LHONG ANGEN DEFENSE SYSTEM" bisa dilihat disini.

7. MATA IE PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di Mata Ie, Kecamatan Sukajaya.  Benteng pertahanan ini  berdenah segi empat, yang dilengkapi dengan 1 pintu dan 2 lubang bidik.




Data lainnya mengenai "MATA IE PILLBOX" bisa dilihat disini.

8. PANTAI KASIH PILLBOXPillbox (Benteng Pertahanan) ini berbentuk lingkaran, terbuat dari beton. Saat ini pilboks terletak di pantai dan terendam air laut.



Data lainnya mengenai "PANTAI KASIH PILLBOX" bisa dilihat disini.

9. SABANG FAIR PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di daerah Sabang Fair, atau dulunya masyarakat setempat sering menyebut daerah tersebut dengan nama Belakang Bengkel atau Ujung Asam, Kecamatan Sukakarya. Terdiri atas tiga pilboks yang terbuat dari beton. Pilboks 1: Koordinat situs N: 5° 53' 28.4" E: 95° 18' 36.9", dpl 17 m. Pilboks berdenah segi banyak (poligon). Pintu berada pada sisi timurlaut, dan jendela yang lebar tempat laras meriam berada pada sisi baratdaya. Di sebelah selatan terdapat satu ruang yang berdenah segi empat. Pilboks 2: Koordinat situs N: 5° 53' 30.2" E: 95° 18' 38.1", dpl 18 m. Pilboks berdenah segi banyak (poligon). Pintu berada pada sisi timurlaut, dan jendela terdapat di baratlaut, baratdaya, dan tenggara. Di dalamnya ada dua ruang. Satu ruang yang paling besar berada pada bagian baratlaut, dan ruang lainnya yang lebih kecil berada pada bagian tengara. Pilboks 3: : Koordinat situs N: 5° 53' 42.3" E: 95° 18' 47.3", dpl 1 m. Denah pilboks 3 tidak teridentifikasi karena sebagian tertutup tanah. Satu jendela pilboks ada pada sisi utara dan pintu yang sudah tertutup di sisi selatan.



Data lainnya mengenai "SABANG FAIR PILLBOX" bisa dilihat disini.

10. SIMPANG KELAPA SAWIT PILLBOX
Pillboxs (Bentek Pertahanan) ini terletak di Kecamatan Sukakarya. Pilboks ini berdenah segi empat dengan ukuran 3 m x 3 m. Pilboks mempunyai lubang bidik di sebelah barat, pintu di sebelah timur, dan dua ventilasi pada bagian atas.



Data lainnya mengenai "SIMPANG KELAPA SAWIT PILLBOX" bisa dilihat disini.

11. SUMUR TIGA PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di Pantai Sumur Tiga, Kelurahan/Gampong Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya. Ada dua pilboks dengan denah banyak sudut. Pilboks pertama berada di tepi jalan dilengkapi lubang bidik, kamar, dan tempat meriam. Pilboks 2 berada di tepi pantai, pintunya sudah tertutup tanah yang terlihat hanya lubang bidik. Di dekat pilboks 2 terdapat sumur tua yang dibuat oleh Belanda. Sumur tersebut salah satu dari 3 sumur lain yang terdapat di sekitar lokasi pilboks.



Data lainnya mengenai "SUMUR TIGA PILLBOX" bisa dilihat disini.

12. TANGGA TUJUH BUNKERBungker ini terletak di Tangga Tujuh, Kelurahan/Gampong Kota Bawah, Kecamatan Sukakarya. Ada dua bungker, yang berada di tempat yang berbeda.



Data lainnya mengenai "TANGGA TUJUH BUNKER" bisa dilihat disini.

13. UJONG KAREUENG - MATA IE PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di Mata Ie, Kecamatan Sukajaya.
Pilboks berdenah segi 4, pilboks ini dilengkapi dengan lubang bidik, lubang udara, dan pintu. Di bagian pintu masih terdapat daun pintu yang terbuat dari besi namun sudah tidak dapat dibuka, selain karena berkarat, separuh pintu sudah tertutup tanah.



Data lainnya mengenai "UJONG KAREUENG - MATA IE PILLBOX" bisa dilihat disini.

14. UJONG KAREUENG - SABANG PILLBOX
Pillbox (Benteng Pertahanan) ini terletak di Jl. Raya Ujong Kareueng-Mata Ie, Kecamatan Sukajaya.
Pilboks 1 berbentuk poligon. Pilboks 2: berbentuk silinder, dilengkapi satu lubang bidik di sebelah timur atau menghadap ke laut, dan satu pintu di sebelah barat. Pilbok 3: berbentuk segi empat, dilengkapi 1 lubang bidik dan 1 pintu, namun kini lubang pintu telah tertutup tanah. Ketiga pilboks tersebut dibuat dari beton.



Data lainnya mengenai "UJONG KAREUENG - SABANG PILLBOX" bisa dilihat disini.

Menyikapi pentingnya nilai sejarah dan budaya yang dimilikinya, benteng-benteng sebagai benda cagar budaya haruslah dikonservasi. Demikianlah harapan dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) dalam situsnya Benteng Indonesia.


Referensi :
  • http://www.bentengindonesia.org

  • http://balarmedan.wordpress.com/2009/01/08/lubang-jepang-kubu-pertahanan-pasukan-jepang-di-kabupaten-batubara

  • http://megapolitan.kompas.com/read/2009/11/25/17024748/sebanyak.177.benteng.di.jawa-sumatera.terinventarisasi
Previous
Next Post »
Thanks for your comment